ABOUT

contact us / treatment booking / consultation : ibu Tien 021 327 838 15/ 0812 9945 220 :: follow our twitter @isekasoqi ::

Tuesday, February 1, 2011

Tips Koreksi Bentuk Tubuh


Pernahkah anda ditegur teman/ keluarga tentang posisi bahu yang miring sebelah?
Jika pernah, maka anda perlu mengoreksi bentuk tubuh anda.Atau, jika anda ingin tahu miring/ tidakkah tubuh anda.

Mengecek Kemiringan Bahu
Coba berdiri menghadap cermin yang panjang, lihat posisi bahu kanan dan kiri tanpa tertutup kain/ busana, jika posisi bahu masih lurus berarti kondisinya masih bagus, namun jika posisi bahu miring sebelah, secara perlahan maka dapat berdampak pada kesehatan tubuh lainnya.

Mengecek Tulang Belakang Cara Sederhana
Berbaringlah di tempat yang datar dan keras, misal di lantai atau matras. Rasakan tulang punggung anda yang bersentuhan pada lantai, apakah ada bagian yang sakit? bisakah anda memasukkan lengan anda disela-sela tulang pinggang? kalau jawabannya ya, mungkin tulang belakang anda perlu pengoreksian.

Latihan :
1. Untuk pemanasan, lari di tempat selama 10 menit

2. Untuk mengoreksi bahu miring, berbaring tengkurap di atas matras. Angkat tubuh bagian atas, termasuk lengan Anda, setinggi-tingginya Tarik bahu juga secara bersama-sama ke belakang dan tahan selama tiga detik. Tarik napas dan rebahkan tubuh kembali ke matras. Lakukan sebanyak 10 sampai 15 kali pengulangan.

3. Setelah itu putar badan Anda menjadi terlentang, angkat kaki lurus ke atas membentuk sudut 90 derajat. Tekan punggung bawah ke matras. Latihan ini akan membantu Anda membangun kekuatan di otot dasar pinggul. Turunkan kaki serendah yang Anda dapat sekaligus menjaga Anda kembali datar. Tahan selama tiga detik, dan kemudian angkat kaki Anda kembali. Lakukan sebanyak 10 sampai 15 kali pengulangan.

4. Berbaring telentang, meletakkan bola stabilitas antara paha dan menjepitnya. Tahan selama 3 detik. Lakukan sebanyak 10 sampai 15 kali pengulangan.

5. Ulangi langkah 2 hingga 4 kali, dengan total tiga set.

6. Berbaring terlentang dan tarik lutut Anda ke dada Anda untuk meregangkan punggung bawah. Tahan selama 30 detik.

7. Duduk di atas bola stabilitas (stability ball) dengan kaki Anda terkunci di depan Anda sedikit terbuka seperti “V.” Membungkuk sampai Anda merasakan regangan di paha belakang Anda. Tahan selama 30 detik.

8. Berdirilah di belakang pintu dan tempat lengan kanan di ambang pintu dengan siku ditekuk Anda di sudut kanan. Letakkan kaki kiri ke depan dan memutar ke kiri hingga Anda merasakan regangan di kanan otot dada Anda . Berbaliklah dan beralih lengan dan kaki untuk meregangkan sisi kiri Anda. Tahan masing-masing selama 30 detik.

9. Dan yang terakhir adalah selalu berdiri dan duduk tegak. Sepanjang hari menjaga agar otot perut Anda ditarik ke dalam, dan bahu serta leher Anda ditarik ke belakang . Bahkan ketika anda sedang duduk menyadari bahwa otot perut ditarik ke dalam dan bahu Anda dan bahu Anda juga ditarik ke belakang (biasanya Anda yang sering duduk di depan komputer lupa melakukan hal ini). Latihan pada langkah 2 sampai 5 sebaiknya dilakukan tiga kali seminggu. Peregangan bisa dilakukan setiap hari, bahkan dua kali sehari.

Bagaimana? Dengan melakukan senam ini secara teratur semoga Anda dapat memperoleh postur tubuh ideal Anda. Namun, bila gerakan-gerakan senam di atas dirasakan terlalu sulit, ada cara yang lebih sederhana, yaitu dengan memakai alat kesehatan bernama Chi Machine.


Chi Machine berfungsi sama dengan senam yang sebelumnya kami sebutkan, yaitu fungsi utamanya adalah untuk mengkoreksi tulang belakang. Cara kerja Chi Machine yang sebelumnya telah dilakukan penelitian oleh Dr. Shizuo Inuoe selama 38 tahun adalah mengolahragakan tubuh dengan mensuplai udara masuk ke dalam tubuh namun tidak menyebabkan tubuh lelah (ngos-ngos-an & degup jantung bertambah cepat).

Gerakan dasar Chi Machine adalah "Gerakan berenang ikan mas".
Manfaat Dasar Chi Machine: 
1. Sebagai alat kesehatan pengkoreksi tulang belakang (chiropractic)
2. Sebagai alat pensuplai dan penyebar oksigen ke dalam tubuh
3. Sebagai alat pengolahraga organ dalam tubuh melalui gerakan senam aerobic pasif yang dihasilkan
4. Sebagai alat detoxifikasi toxic dalam tubuh
5. Untuk relaksasi
6. Untuk penambah fokus dan konsentrasi pada anak
7. Untuk mengidealkan berat badan (bagi yang overweight dilangsingkan, bagi yang terlalu kurus, diidealkan)

Cara penggunaan Chi Machine:
Berbaring pada matras / tempat yang keras, letakan tungkai kaki pada Chi Machine dengan posisi pusar berada di tengah-tengah Chi Machine, putar timer Chi Machine sampai tanda bintang (*), ulangi 3 kali dalam satu waktu pemakaian. Penggunaan Chi Machine yang optimal dapat dilakukan 3 x sehari. Mudah bukan?

Di Iseka SOQI menyediakan treatment dengan Chi Machine, selain Chi Machine, Iseka SOQI juga menyediakan treatment lainnya yang akan dijelaskan pada tulisan selanjutnya.

Contact us for Chi Machine / Iseka SOQI treatment / Consultation :  021 327 838 15 / 0812 9945 220

No comments:

Post a Comment